Jadwal Latihan Half Marathon untuk Pemula: Cara Menghindari Overtraining

Ketika menyusun jadwal latihan setengah maraton untuk pemula ada beberapa faktor yang perlu ditangani, salah satunya adalah overtraining.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak berlatih sebelum balapan tidak hanya dapat menyebabkan komplikasi serius pada hari balapan, tetapi bahkan dapat mencegah Anda mencapai perlombaan sama sekali. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda menghindari ini dan memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat maksimal dari jadwal latihan setengah maraton Anda.

Jadwal Latihan Half Marathon untuk Pemula: 3 Tips Menghindari Overtraining

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh para pelari pemula adalah mereka terlalu banyak berlatih. Tentu, mereka memiliki niat baik, tetapi dengan mendorong diri mereka terlalu keras dan terlalu cepat, mereka benar-benar melukai peluang sukses mereka daripada mendorong mereka. Untungnya, ini dapat dihindari dengan mengikuti beberapa kiat dasar:

  • Ikuti Jadwal Latihan Half Marathon Anda . Pelari yang baru mengenal maraton dan setengah maraton harus secara hati-hati meneliti jadwal pelatihan sebelum mereka berpikir untuk memulai pelatihan mereka. Jadwal ini biasanya dapat ditemukan di salah satu buku tentang berlari atau online, dan umumnya ditulis oleh pelari ahli dengan pengalaman pelatihan yang ekstensif. Setelah Anda memilih jadwal yang sesuai dengan Anda, tetaplah berpegang pada jadwal tersebut secara religius. Menjalankan lebih dari apa yang diindikasikan pada jadwal Anda untuk hari tertentu dapat sangat menghambat pelatihan Anda dan membuat Anda terkena cedera.
  • Merawat Tubuh Anda . Sedihnya, banyak pelari pemula akan gagal memberi waktu kepada tubuh mereka untuk pulih di antara latihan. Ini, menurut para ahli, adalah kesalahan besar – salah satu yang dapat membuka mereka untuk seluruh masalah di kemudian hari. Meskipun benar bahwa pelari Elite dapat berlatih hingga 2-3 kali sehari dengan sedikit kesulitan, pelari yang baru memulai harus mengizinkan setidaknya 24-48 jam di antara latihan. Jangka waktu ini sangat penting untuk mencegah tubuh pulih sepenuhnya.
  • Aturan "Bicara" . Aturan "berbicara" digunakan oleh banyak pelatih marathon berpengalaman untuk mengukur apakah pelari mereka dapat berlatih terlalu cepat. Sebagai contoh, jika Anda berada di tengah lari 6 mil Anda harus dapat berbicara dengan nyaman dengan orang lain melalui lari itu tanpa terengah-engah. Jika Anda menemukan diri Anda terengah-engah dan berjuang untuk udara di tanda 3 mil, Anda mungkin terlalu berlatih.

Pelari baru cenderung mendorong melewati tubuh mereka & # 39; batas terlalu cepat, dan itu bisa menjadi malapetaka bagi persiapan ras mereka. Karena itu, setiap jadwal latihan setengah maraton untuk pemula harus mempertimbangkan kemungkinan untuk overtraining. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk secara konsisten mengikuti tiga kiat yang tercantum di atas yang akan membantu memaksimalkan energi tubuh Anda dan mencegah Anda mengalami cedera terkait pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *